Rabu, 24 Oktober 2012

TUGAS BASIS DATA 2

Nama : Rizky Nugraha   1103225
Teknik Informatika 3D

A.    DDL (Data Definition Language)
DDL (Data Definition Language) merupakan kumpulan perintah SQL yang digunakan untuk membuat, mengubah dan menghapus struktur dan definisi metadata dari objek-objek database.
Perintah dasar/comand yang ada di dalam DDL antara lain:
1.      CREATE : Command CREATE ini berfungsi untuk membuat sebuah database ataupun membuat sebuah table yang berada di dalam database.
2.      SHOW : Command SHOW ini berfungsi untuk menampilkan database ataupun table yang telah kita buat sebelumnya.
3.      USE : Command  USE ini berfungsi untuk membuka/mengaktifkan/memasuki database yang telah kita buat. Setelah kita masuk kedalam database yang telah kita buat, barulah kita bisa memanipulasi data yang ada, termasuk untuk membuat table didalam database tersebut.
4.      ALTER : Command ALTER ini berfungsi untuk mengubah struktur dari suatu table. Mengubah disini tidak hanya memperbaharui struktur table yang ada, tetapi juga mengubah nama field, menambahkan primary key, mengubah tipe field, maupun menghapus field yang telah dibuat sebelumnya.
5.      DROP : Fungsi: Command DROP ini berfungsi untuk menghapus, baik database, table, maupun field yang telah diinputkan ke dalam table.
B.     DML (Data Manipulation Language)
DML (Data Manipulation Language) merupakan kumpulan perintah SQL yang digunakan untuk proses pengolahan isi data di dalam table seperti memasukkan, merubah dan menghapus isi data - dan tidak terkait dengan perubahan struktur dan definisi tipe data dari objek database.
Perintah dasar/comand yang ada di dalam DML antara lain:
1.      SELECT : Command SELECT ini berfungsi untuk menampilkan sesuatu. Menampilkan disini tidak hanya menampilkan data dari sebuah table saja, tetapi juga untuk menampilkan suatu ekspresi. Seperti menampilkan hanya field yang memiliki kategori Suplement saja.
2.      DESC : Command DESC ini berfungsi untuk menampilkan struktur tabel yang telah dibuat. Apa saja field yang telah dibuat, type data dari field tersebut, dan primary key akan terlihat disini
3.      INSERT INTO : Command INSERT INTO ini berfungsi untuk menambahkan data/record dalam suatu tabel yang telah dibuat.
4.      UPDATE : Command UPDATE ini berfungsi untuk merubah/memperbaharui data yang telah ada di dalam tebel.
5.      DELETE FROM : Command DELETE FROM ini berfungsi untuk menghapus record yang ada pada sebuah tabel.
6.      EXPLAIN : Command EXPLAIN ini memiliki fungsi yang sama seperti Desc yaitu berfungsi untuk menampilkan struktur tabel yang telah dibuat, seperti nama_field, type data dari field tersebut, dan primary key.
7.      SELECT DESCENDING : Command SELECT DESCENDING ini berfungsi menampilkan semua data dari bawah ke atas berdasarkan field yang telah ditentukan.
8.      SELECT COUNT :  Command SELECT COUNT ini berfungsi menampilkan jumlah record yang ada dalam suatu tabel.
9.      SELECT MAX : Command SELECT MAX ini berfungsi untuk mencari nilai tertinggi pada sebuah field di tabel.
10.  SELECT MIN : Command SELECT MIN ini berfungsi untuk mencari nilai terendah pada sebuah field di tabel.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar